Ini Dia 7 Alternatif Sablon Plastisol Untuk Kaos Distro

January 27, 2020

Kaos bisa dibilang sebagai pakaian favorit masyarakat Indonesia. Karena menggunakan katun, pakaian ini menjadi sangat nyaman sehingga banyak disukai dan terkadang digunakan untuk berbagai event ataupun sebagai merchandise. Maka dari itulah, bisnis kaos distro menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Dengan adanya desain menggunakan hasil sablon yang bermacam-macam, maka nilai jual kaos pun semakin bertambah dan semakin digemari oleh masyarakat.

Salah satu jenis sablon yang sering digunakan untuk kaos distro adalah sablon plastisol. Sablon pastisol dari Skreen & Sound merupakan jenis sablon yang berkualitas dan sesuai untuk kaos distro yang juga menggunakan bahan yang berkualitas.

Dari segi biaya, memang sablon plastisol sedikit mahal. Namun, sablon yang berbahan dasar minyak ini mampu mencetak raster atau dot hingga begitu mendetail. Selain itu, untuk pengeringnya pun membutuhkan alat khusus yang terdapat sinar inframerah. Saat kering pun, kualitas daya rekatnya juga bagus. Tetapi, untuk membuka bisnis kaos distro tidak hanya sablon plastisol yang bisa Anda gunakan. Ada beberapa pilihan jenis sablon yang bisa Anda gunakan yaitu sebagai berikut.


Alternatif Sablon Plastisol Untuk Kaos Distro

Sablon sangat beragam jenisnya. Selain sablon plastisol, sebenarnya masih ada beberapa jenis sablon yang bisa dan bahkan biasa digunakan untuk kaos distro.

  1. Sablon Rubber

Sablon rubber merupakan jenis yang sering digunakan, karena jenis ini memiliki sifat menumpang yang mampu menutup serat atau rajutan kain serta menghasilkan sablon yang elastis. Biasa digunakan pada kaos berwarna gelap, tinta sablon rubber juga sering digunakan untuk alas desain atau warna dasar sebelum menyablon dengan warna lain.

  1. Sablon Pigmen

Tinta yang digunakan dalam sablon pigmen memiliki sifat mudah meresap ke dalam kain sehingga hasilnya bagus dan biasa digunakan untuk kaos yang berwarna cerah atau terang.

  1. Sablon Foam

Disebut juga dengan puff print, jenis sablon ini dinamakan ‘foam’ bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan tinta yang digunakan mampu menghasilkan sablon yang bersifat timbul bundar dengan warna yang terlihat kusam sehingga terlihat seperti busa. Sablon ini juga elastis dan bisa dicampur dengan sablon plastisol atau rubber.

  1. Sablon Superwhite

Hampir mirip dengan sablon pigmen, superwhite ini juga mudah meresap sehingga memiliki daya tutup yang kuat. Bedanya, jenis sablon ini menghasilkan warna putih yang cemerlang sehingga lebih cocok untuk kaos berwarna gelap.

  1. Sablon Glow in the Dark

Salah satu jenis sablon yang menarik dan unik, karena jika menggunakan tinta sablon ini hasil desain pada kaos dapat bersinar atau menyala terang dalam gelap. Hal ini karena kandungan fosfor yang menyerap sinar matahari di dalam tintanya. Tinta sablon ini juga bisa dicampur dengan jenis lain seperti pigmen, rubber, atau plastisol.

  1. Sablon Discharge

Sablon discharge sangat disarankan untuk kaos berbahan katun karena tinta yang digunakan mempunyai kemampuan untuk menipiskan bahkan hingga menghilangkan warna pada kain. Sehingga warna asli kaos luntur dan dapat diganti atau diisi dengan warna lain sesuai kebutuhan.

  1. Sablon Flocking

Jenis sablon yang unik juga, karena jika menggunakan jenis sablon ini maka hasil jadinya akan memiliki  tekstur seperti beludru, yaitu desain timbul bulu-bulu halus. Untuk pencetakannya, caranya dengan ditempel dengan lem khusus lalu dipress agar benar-benar bisa merekat.

Selain beberapa pilihan diatas, sebenarnya masih banyak jenis sablon lain yang bisa Anda coba untuk bisnis kaos distro Anda untuk menghasilkan kaos yang original dan memiliki keunikan tersendiri. Sehingga, jangan takut untuk mencoba berbagai jenis sablon tersebut karena sablon untuk kaos distro tidak terbatas hanya dengan sablon plastisol. Anda bisa menghubungi Skreen & Sound untuk proses pencetakan kaos distro dengan sablon plastisol.

Perawatan Alat Sablon Manual: Cara Merawat Agar Tahan Lama

read more

Investasi Awal Bisnis Sablon: Alat Sablon Manual Apa Saja yang Perlu Anda Beli?

read more

Mengenal Alat-alat Sablon Manual: Dari Meja hingga Rakel

read more

Cara Merawat Kain Baby Terry Agar Tetap Awet dan Nyaman

read more

Kain Baby Terry: Dari Olahraga hingga Santai, Solusi Nyaman Anda

read more

Perbedaan Kain Baby Terry dengan Kain Terry Lainnya

read more
Hubungi via WhatsApp 📞