5 Tips Penting Sebelum Terjun ke Bisnis Sablon Kaos Muslim

January 28, 2020

Bisnis sablon kaos masih menjadi tren dan peluang bisnis yang bagus. Kebutuhan pasar terhadap kaos sablon cukup tinggi. Mulai dari untuk kebutuhan pakaian sehari-hari, acara keluarga, acara kantor, acara partai, sampai kampanye pemilu. Ada satu faktor yang membuat industri ini masih tetap eksis hingga kini. Faktor itu tak lain adalah keinginan manusia untuk menampilkan “kekhususan identitasnya” lewat media kaos yang dipakai. Dan di Indonesia, salah satu segmen pasar yang sedang dinamis bergerak ingin menunjukan identitasnya lewat kaos sablonan adalah umat muslim.

Terutama kalangan muslimin milenial yang aktif melakukan beragam aktivitas, mulai dari untuk kepuasan pribadi sampai aktivitas organisasi. Dulu kaos sablonan identik dengan anak-anak muda underground, surfer atau skater. Kini anak muda muslim ambil bagian dalam segmen pasar yang menggunakan kaos sablonan untuk menunjukan identitasnya, plus sebagai media dakwah. Realitas ini memang membuka peluang besar dari segi bisnis. Tapi kalau anda melihat peluang ini hanya dari kacamata bisnis, bersiaplah sakit hati dan tanggung rugi. Berikut kami informasikan ulasan tips penting sebelum terjun ke bisnis sablon kaos muslim.


Tips Penting Bisnis Sablon Kaos Muslim

Bisnis sablon kaos muslim meskipun segmented, namun tetap menjanjikan keuntungan yang tak sedikit. Di bawah ini adalah 5 tips penting tentang hal-hal yang harus anda ketahui dan anda persiapkan sebelum terjun ke bisnis sablon kaos muslim.

  1. Jangan Asal Desain

Mendesain kaos sablon muslim tidak sebebas mendesain kaos sablon kebanyakan. Anda harus mengetahui apa saja yang tidak boleh ada dalam desain kaos muslim. Hal-hal terlarang itu seperti mengutip redaksi ayat Al – Quran beraksara arab, gambar manusia atau hewan, dan logo-logo terlarang. Tentu saja logo organisasi secara umum boleh dimasukan dalam desain, tapi jangan sampai anda mendesain logo organisasi teroris seperti ISIS karena ketidaktahuan anda ya.

  1. Ketahui Jaringan dan Afiliasi

Segmen sablon kaos muslim luas sekali. Tergantung dari organisasinya, dan jenis pengajiannya. Ada NU, Muhammadiyah, Tarbiyah, Pengajian Sunnah, Gusdurian, Maiyahan, Jemaah UAS, Jemaah UAH, dan jemaah-jemaah lainnya. Semuanya muslim, tapi masing-masing memiliki karakter khusus yang harus anda teliti untuk mendesain khusus yang menarik pelanggan dari tiap sub segmen tersebut.

  1. Aktif dari Dalam

Setelah anda mempelajari tiap sub segmen, penting bagi anda untuk bukan sekadar berbisnis. Tapi masuklah dalam salah satu kelompok tersebut. Segmen sablon kaos muslim biasanya memiliki loyalitas tersendiri pada jaringan dan kelompoknya, dan itu berpengaruh dalam urusan memilih jasa pembuat kaos sablon. Jadi jangan sekadar berbisnis, tapi ikutlah juga dalam jemaah. Lalu ambillah rezeki anda dari dalam sambil berdakwah menggunakan kaos anda.


  1. Sesuaikan dengan Sub Segmen

Setelah anda mengetahui kekhususan karakter dari tiap sub segmen yang ingin anda targetkan,  tuangkanlah dalam desain anda. Pasarkanlah desain-desain anda tersebut sesuai dengan karakter masing-masing jemaah. Gugahlah rasa kepemilikan dan loyalitas dari pelanggan terhadap identitas muslimnya. Sesuai dengan karakter ormas atau jemaah yang diikutinya.

  1. Kualitas Tetap Nomor Satu

Setelah empat hal non teknis tadi, muara dari kelancaran bisnis anda adalah kualitas produk. Itu harga mati, tidak bisa ditawar. Meskipun anda sudah aktif melakukan empat langkah penyesuaian di atas, pada akhirnya pelanggan akan melihat kualitas produk anda. Selain itu, pesaing di bisnis sablon kaos muslim juga sudah banyak. Pastikan kualitas produk anda unggul dalam kompetisi, dan anda memiliki “faktor lain” yang membuat anda melesat dalam kompetisi. Yakni, kehendak Allah dan empat tips yang sudah kami jelaskan sebelumnya.


Demikian ulasan lima tips tentang hal yang harus anda perhatikan dan persiapkan, sebelum terjun ke bisnis sablon kaos muslim. Satu hal yang pasti, bisnis ini bukan sekadar bisnis. Anda harus juga meluruskan niat anda untuk berdakwah di dalamnya. Bahkan, niatkan dakwah dulu, baru bisnis. Ketika perencanaan sudah matang, Anda bisa bekerjasama dengan jasa konveksi terbaik di Bandung yaitu Skreen & Sound. Mengapa? Karena Skreen & Soud merupakan jas akonveksi terbaik di Bandung yang menomor satukan kepuasan pelanggan. Selamat berdakwah dalam bisnis anda.

Bagaimana Memilih Font yang Tepat untuk Desain Tulisan Kaos Anda?

read more

Kombinasi Warna Ideal untuk Desain Tulisan pada Kaos

read more

Tips Membuat Desain Tulisan Kaos untuk Acara Khusus dan Komunitas

read more

Inspirasi Desain Tulisan Kaos: Dari Kata-kata Motivasi hingga Humor

read more

Cara Menjaga Kualitas Sablon Velvet pada Pakaian Favoritmu

read more

Mengapa Sablon Velvet Menjadi Pilihan Favorit untuk Merchandise Eksklusif?

read more
Hubungi via WhatsApp 📞