3 Jenis Sablon Paling Bagus Untuk Kaos Distro

January 27, 2020

Kualitas kaos distro sangat bergantung pada kualitas bahan kaos dan kualitas sablon yang digunakan. Punya kaos dengan bahan berkualitas tinggi sudah baik, tetapi percuma jika tidak bisa menentukan jenis sablon yang tepat. Untuk itu, berikut ini kami akan mengulas tiga jenis sablon paling bagus untuk digunakan pada kaos distro anda.


Jenis Sablon Kaos Distro

Tiap jenis sablon memiliki kekhususan karakter masing-masing. Di bawah ini adalah 3 jenis sablon paling bagus yang dapat digunakan pada kaos distro anda. Ulasan informasi yang kami sampaikan tentang jenis sablon ini, berdasarkan indikator keawetan, kemudahan merawat sablon, detail dan efek khusus yang dimiliki.

  1. Sablon Rubber

Jenis sablon rubber atau dikenal juga dengan sablon karet adalah jenis sablon paling awet dan paling mudah dirawat. Kelebihannya adalah karakternya yang hanya menumpang pada serat kain sehingga tidak merusak kaos anda pada penggunaan jangka panjang. 

Kelebihan lain dari jenis sablon ini adalah aman diseterika. Sablonannya elastis dan tak tercampur dalam serat, sehingga tidak merusak serat kain saat dipanaskan pada proses menyetrika.

Kelemahan sablon rubber adalah penggunaannya yang hanya cocok untuk kain yang berwarna gelap. Jika kain yang digunakan berwarna terang, warna sablon rubber terkesan “nabrak” tidak dapat stabil dan harmonis dengan warna kain.

  1. Sablon Pigmen dan Super White

Dua jenis sablon ini memiliki karakter yang sama. Sama-sama mampu menyerap dengan baik ke dalam serat kain. Sehingga akan menghasilkan perpaduan warna yang lebih optimal. Dua jenis sablon ini juga paling sering digunakan dalam industri garmen modern.

Kelebihan utama pada dua jenis sablon ini adalah kulitas warna yang dihasilkan akan harmonis dengan serat kain. Namun, penting untung diketahui, ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Sablon pigmen sangat baik digunakan pada kain yang berwarna terang, sedangkan sablon super white akan optimal digunakan pada kain berwarna gelap. Jangan sampai tertukar ya.

Kelemahan dua jenis sablon ini yanga jelas adalah tak tahan disetrika. Kualitasnya juga akan menurun seiring dengan kualitas serat kain. Jika kualitas kaosmu bagus, jangan ragu untuk menggunakan sablon ini, karena ketahanan sablonannya bergantung pada kualitas kain kaosnya.

  1. Sablon Polyflex dan Glow In The Dark

Dua jenis sablon ini meski berbeda namun memiliki karakter dan kelebihan yang sama. Keduanya memiliki efek yang tidak dimiliki oleh jenis sablon yang lain. Sablon Polyflex akan sangat baik digunakan pada bahan kaos jersey olahraga. Gunakan sablon sebagai media cat untuk nama dan nomor di jersey anda. Efek detail yang dihasilkan akan lebih baik dan warna yang dihasilkan akan lebih padat.

Sablon Glow in The Dark tentu punya kelebihan seperti namanya. Jenis sablon ini dapat memberikan efek tulisan atau gambar yang disablon dapat berkilau atau menyala dalam gelap. Kelebihan lainnya adalah dapat dikombinasikan dengan jenis sablon lain. Sehingga selain efek glow in the dark anda bisa mendapatkan ketahanan sablon rubber, atau ketajaman warna sablon pigmen, maupun detail warna yang solid dari sablon polyflex sekaligus efek glow in the dark.

Kelemahan dari bahan sablon polyflex adalah harganya yang mahal dan ukurannya yang terbatas. Sablon polyflex membutuhkan bahan vynil polyflex yang mahal di pasaran dan alat sablon khusus polyflex yang juga lebih mahal dari alat sablon lainnya. Sementara kelemahan Sablon Glow in The Dark adalah proses pencuciannya setelah dipakai sehari-hari harus hati-hati. Proses pencucian yang salah dapat melunturkan lapisan fosfor yang digunakan untuk memberi efek bercahaya.

Demikan ulasan tiga jenis sablon yang paling bagus untuk kaos distro anda. Ada dapat berkreasi dengan lebih leluasa dan dapat memilih jenis sablon yang tepat sesuai dengan keinginan anda di jasa sablon kaos terbaik di Bandung Skreen & Sound. Selamat berkreasi.

Perawatan Alat Sablon Manual: Cara Merawat Agar Tahan Lama

read more

Investasi Awal Bisnis Sablon: Alat Sablon Manual Apa Saja yang Perlu Anda Beli?

read more

Mengenal Alat-alat Sablon Manual: Dari Meja hingga Rakel

read more

Cara Merawat Kain Baby Terry Agar Tetap Awet dan Nyaman

read more

Kain Baby Terry: Dari Olahraga hingga Santai, Solusi Nyaman Anda

read more

Perbedaan Kain Baby Terry dengan Kain Terry Lainnya

read more
Hubungi via WhatsApp 📞